Tradisi Sabung Ayam Tajen Di Bali

Tradisi Sabung Ayam Tajen Di Bali

Sabung Ayam Online-Sabung ayam memang sudah menjadi favorit banyak kalangan dari jaman dahulu. Salah satunya Indonesia, yang memiliki banyak penghoby sabung ayam tak kalah banyaknya dengan negara lainnya.

Di Indonesia sendiri, tepatnya di wilayah bali sangat banyak sekali bobotoh yang gemar bermain sabung ayam. Namun lebih tepatnya disebut dengan kata sabung ayam tajen, yang merupakan tradisi atau ritual yang sangat kental di bali.

Tradisi ini sudah ada di bali sejak jaman dulu dan masih diturunkan oleh para bobotoh hingga ke anak cucunya sampai diera modern ini. Sebenarnya sabung ayam tajen lebih mengarah kearah ritual adat atau acara keagamaan, namun tak sedikit juga bobotoh yang menganggap sebagai hiburan.

Untuk membahas lebih detail mengenai adat bali ini langsung saja kita bahas mengenai, Tradisi Sabung Ayam Tajen Di Bali.

Tradisi Tabuh Rah Di Bali

Ritual ini biasanya dijalankan atau dipercayai oleh masyarakat bali yang beragama hindu. Sabung ayam tajen biasanya dikenal dengan sebutan Tabuh Rah, yang memiliki arti tetesan darah yang jatuh kebumi.

Ritual ini bisa dikatakan sebagai permohonan kepada dewa agar para anggota dijauhkan dari hal negatif, yang akan datang ke bumi. Jika di Indonesia, sabung ayam merupakan kegiatan ilegal tapi tak berlaku jika di bali. Pasalnya, kegiatan ini sudah memiliki izin khusus yang bisa digelar secara sah.

Hal tersebut dikarenakan tujuan dari ritual ini mengarah ke keagamaan dan sudah menjadi tradisi sejak jaman dahulu. Maka tidak bisa dihentikan begitu saja, ritual ini biasanya akan dijalankan oleh para kaum pria dibali.

Tak sedikit juga wisatawan di bali yang sangat tertarik dengan tradisi sabung ayam tajen ini, sehingga kini banyak turis yang berbondong-bondong datang untuk menyaksikan langsung. Meski sempat dilarang oleh pemerintah pada tahun 1981 lalu, masyarakat dibali tetap menjalankan ritual meski harus diam-diam atau tersembunyi.

Seiring berjalan waktu, tradisi ini berhasil mendapatkan izin dari pemerintah dengan beberapa syarat yang ada. Dimana pada pelaksanaanya, bukan ditunjukkan untuk mencari kemenangan. Namun sekedar upacara ataupun hiburan.

Sebelum acara dimulai, biasanya kepala adat akan melakukan ritual upacara lebih dulu kepada Dewa Tajen. Yang dipercayai masyarakat bali mampu menjauhkan perselisihan bagi kedua pemilik ayam selama pertandingan berjalan.

Demikian artikel seputar Tradisi Sabung Ayam Tajen Di Bali. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Anda menang kami pun senang, Salam Buanabet! Atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih.